Membuat Catatan Khusus Dalam Menjalankan Bisnis

Menjalankan usaha melalui internet perlu memiliki catatan khusus yang bermanfaat untuk menunjang usaha. Membuat catatan khusus dapat berguna untuk memudahkan menjalankan usaha. Hal yang perlu dicatat dalam usaha melalui internet adalah hal pokok agar usaha yang dimiliki dapat berjalan dengan baik. Beberapa hal yang perlu dicatat:

1.     Target pasar yang hendak dicapai
Dalam usaha perlu menentukan target pasar, agar mudah memberikan penawaran yang disesuaikan dengan pasar yang dimiliki, misalnya: kalangan anak muda, wanita dewasa, rumah tangga, orang yang sudah bekerja atau berkarir dan sebagainya.

2.     Memberikan penawaran secara rutin
Penawaran diberikan sebaiknya secara rutin, salah satu manfaatnya adalah produk yang ditawarkan bisa diingat. Jika sudah diingat oleh pasar, pada saat produk yang dimiliki dibutuhkan, pasar akan mencari dan melakukan transaksi. Misalnya: produk kesehatan yang bermanfaat untuk kesehatan tertentu. Pada saat memberikan penawaran sekali, dua kali dan seterusnya belum tentu terjadi transaksi. Setelah beberapa kali penawaran terjadi transaksi pembelian, karena pada saat itu sedang dibutuhkan. Bisa juga karena penawaran yang dilakukan secara rutin. Sehingga mengetahui manfaat produk kesehatan tersebut dan melakukan transaksi.

3.     Target produk yang terjual
Perlu juga menentukan target produk agar terjual dalam jumlah tertentu, dengan waktu yang telah ditentukan. Misalnya: dalam sebulan ditargetkan 60 buah produk yang terjual. Jika sebulan adalah 30 hari, jadi rata-rata dalam sehari sebaiknya 2 buah produk yang terjual.

4.     Bagaimana untuk meningkatkan penjualan
Agar penjualan meningkat yang dapat dilakukan adalah dengan beriklan, pameran dan sebagainya.

5.     Mengetahui permintaan pasar
Permintaan pasar yang satu dengan yang lain terkadang memiliki perbedaan. Permintaan pasar yang sering terjadi adalah meminta potongan harga pada saat akan membeli, permintaan bonus penjualan, informasi tentang produk yang dijual.

Catatan khusus sebaiknya dimiliki dalam menjalankan usaha melalui internet. Catatan khusus dapat ditambahkan dan disesuaikan dengan usaha yang dimiliki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar