Bagaimana Menyalurkan Potensi Di Daerah, Dari Segi Nilai Ekonomi Untuk Usaha Melalui Media Internet

Potensi yang ada di daerah masing-masing pelaku usaha sebenarnya banyak yang memiliki nilai dari segi ekonomi yang dapat disalurkan melalui media internet dan menambah penghasilan. Hanya potensi yang dimiliki belum digali atau ditelusuri dengan baik, padahal dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Untuk itu pelaku usaha perlu mengetahui beberapa tahapan untuk menyalurkan potensi tersebut:
  1. Miliki pengetahuan menjalankan usaha melalui media internet terlebih dahulu (sudah tersedia dan hanya melakukan pembelian). Hal ini bertujuan agar dapat mengerti bagaimana menjalankan usaha menggunakan media internet.
  2. Apa saja potensi yang ada di daerah masing-masing, yang memiliki nilai ekonomi. Dalam hal ini yang dapat menghasilkan uang dan dapat juga diminati oleh orang di luar daerah masing-masing. Karena menggunakan media internet dapat menyebarkan informasi ke berbagai tempat khususnya yang dapat mengakses media internet.
  3. Menentukan produk yang akan ditawarkan seperti: sosial budaya masyarakat, hasil kerajinan dan keterampilan, hal yang unik (belum tentu ada di daerah lain), keindahan alam di daerah, sesuatu yang khas di daerah yang dimiliki, tempat usaha dan sebagainya.
  4. Setelah menentukan produk, kemudian mengumpulkan data atau keterangan tentang produk untuk mendukung dalam penyajian di media internet.
  5. Setelah sudah siap. Maka dapat disajikan ke dalam media internet dalam bentuk blog maupun website.
Maka potensi yang ada di daerah masing-masing pelaku usaha dapat tersalurkan juga melalui media internet. Perlu juga diingat, karena belum semua mengetahui daerah yang memiliki potensi dari segi nilai ekonomi. Sebaiknya diberikan juga keterangan letak daerah dan bagaimana caranya menuju ke tempat tersebut, agar orang yang ingin mengunjungi langsung dapat mengetahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar