Bagaimana Mengetahui Permintaan Pasar?

Semua usaha yang sedang dijalankan sebaiknya memiliki target pasar. Banyak juga yang melakukan usaha melalui media internet, belum menentukan target pasar. Kalau belum menentukan, segera tentukan dari sekarang. Hal tersebut agar memudahkan mengetahui permintaan pasar. Lalu bagaimana untuk mengetahui permintaan pasar terhadap usaha yang dimiliki?

Untuk mengetahui permintaan pasar, dapat dengan cara membuat kuisioner atau beberapa pertanyaan. Kuisioner yang sederhana bisa dibuat, contohnya:

1.     Berapa lama mengetahui produk dan sejak kapan?
2.     Darimana mengetahui produk?
3.     Apa saja manfaat produk?
4.     Apakah sudah merasakan atau menikmati manfaat produk?
5.     Saran dan komentar terhadap produk?

Kuisioner yang dibuat dapat dibagikan kepada konsumen, agar konsumen memberikan jawaban terhadap beberapa pertanyaan. Sehingga seberapa jauh produk yang dimiliki dalam usaha dikenal oleh konsumen, serta mengetahui permintaan konsumen atau pasar. Jika ada lagi yang ingin diketahui dari pasar yang dimiliki, pertanyaan dapat ditambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar