Cara Belajar Siswa Aktif Terhadap Pasar

Agar mudah mengingat dalam menjalankan usaha melalui internet dapat menggunakan metode CBSA (cara belajar siswa aktif). CBSA merupakan salah satu program kurikulum untuk sekolah yang pernah digunakan di Indonesia. Jika masih ingat program CBSA, dapat juga digunakan dalam menjalankan usaha melalui internet.

Dalam hal ini bila diaplikasikan ke dalam usaha melalui internet. Pelaku usaha hendaknya mau mempelajari terus usaha yang dijalankan untuk menyesuaikan dengan pasar. Karena kondisi pasar atau market tidak selamanya stabil. Contoh sederhana kondisi pasar:

  • Pada waktu para pekerja atau karyawan baru menerima gaji maka kurun waktu tertentu (seminggu atau dua minggu) akan banyak yang berbelanja atau melakukan transaksi. Maka pada waktu tersebut akan lebih sering melakukan penawaran.

Aktif dalam hal ini, pelaku usaha sebaiknya perlu memantau terus pasar. Meskipun sudah mengetahui kondisi pasar secara rutin seperti contoh sederhana tersebut. Pelaku usaha juga perlu memantau pasar untuk meningkatkan penjualan dalam usaha.


  •  Misalkan ada pameran di suatu tempat, bila pelaku usaha memiliki produk yang dapat ditawarkan langsung dengan melakukan pertemuan terhadap konsumen. Maka perlu juga mengikuti pameran tersebut. Pameran biasanya tidak dilakukan secara rutin, maka perlu aktif mengetahui informasinya.

Belajar dan aktif dapat juga digunakan dalam usaha melalui internet khususnya terhadap pasar yang dimiliki dalam usaha, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar