Mengubah Produk Dapat Meningkatkan Nilai Jual

Penjualan dalam usaha yang dibutuhkan adalah produk. Semua pelaku usaha sudah pasti menginginkan produk yang dimiliki mendapatkan penjualan yang baik sesuai dengan target. Jika produk dalam usaha sudah mendapatkan penjualan dengan baik, terkadang pelaku usaha membiarkan produk tersebut dan tidak ingin mengubahnya. Apakah mengubah produk dapat meningkatkan nilai jual?

Memang dalam usaha mengubah suatu produk tidak mudah. Hal yang perlu diketahui bila ingin mengubah produk yang dimiliki adalah harus dapat meningkatkan nilai jual, dan mengetahui target pasar produk tersebut. Misalnya dalam usaha menjual bambu. Jika produk berupa bambu dibuat menjadi kursi, meja dan sebagainya, tentu akan meningkatkan nilai jual produk serta meningkatkan penjualan dalam usaha. Sehingga mengubah suatu produk bukanlah hal yang tidak mungkin untuk meningkatkan nilai jual.

Bingung Memberikan Penawaran

Hal yang paling digemari oleh orang banyak adalah menjadi kaya harta atau banyak uang. Tetapi hal yang digemari tersebut terkadang di dalam pelaksanaan mengalami kendala dalam memberikan penawaran terhadap target pasar agar mengikuti usaha yang dimiliki dan dapat menghasilkan uang yang melimpah.

Jika ingin memiliki uang yang melimpah, jangan bingung dalam memberikan penawaran pada orang banyak bila memiliki formula dalam bisnis. Setelah memiliki formulanya, dalam pelaksanaan lakukan hal yang mudah terlebih dahulu. Misalkan saja yang berasal dari daerah Tegal dan sekitarnya. Untuk melakukan hal yang mudah dalam penawaran yaitu dapat dimulai dengan target pasar di daerah sendiri dan sekitarnya.

Contoh penawaran:
"sedulur-sedulur kabeh, angger pengin olih duit akeh nganggo internet, tuku bae formula bisnise. Ana garansine, aja klalen kue......."
Artinya: 
"saudara-saudara sekalian, kalau ingin dapat uang yang berlimpah melalui internet, beli saja formula bisnis. Ada garansinya, jangan lupa akan hal itu......"

Dari hal tersebut, maka dalam memberikan penawaran pada usaha melalui internet jangan menjadi hal yang membingungkan.

Mengapa Usaha Melalui Internet Diminati ?

Di era globalisasi sekarang ini, media internet bukan hal yang sulit dicari dan dipelajari. Apalagi sudah ada formula agar dapat menghasilkan uang dari media internet. Usaha melalui media internet banyak diminati dan dapat menjadi sebuah pekerjaan utama, mengapa? Jika dilihat dari segi ekonomi dan sosial, ada beberapa alasan:

Dari segi ekonomi
  • Dapat menghasilkan uang yang berlimpah.
  • Dapat menjadi pekerjaan utama.
  • Untuk memulai usaha melalui internet tidak harus memiliki uang yang banyak. Memulai usaha dapat bertahap.
  • Dalam pelaksanaan usaha tidak harus ada pertemuan secara langsung, sehingga dapat menghemat biaya.
  • Usaha yang dapat berlaku untuk seumur hidup atau tidak ada pensiun.

Dari segi sosial
  • Dapat menambah teman, karena ada jejaring sosial di media internet.
  • Dapat mencari teman lama, misalnya teman waktu bersekolah.
  • Menambah solidaritas terhadap teman-teman. Karena sesama pelaku usaha melalui media internet.

Dari beberapa alasan tersebut, sehingga usaha melalui media internet banyak diminati.

Bagaimana Mengatasi Permintaan Pasar?

Target pasar adalah salah satu yang dimiliki dalam usaha, khususnya usaha melalui media internet. Dalam usaha perlu juga mengetahui seberapa jauh usaha atau produk yang dimiliki diketahui oleh pasar. Lalu setelah mengetahui permintaan pasar, bagaimana mengatasinya?

Dalam hal ini mengatasi permintaan pasar adalah bagaimana merealisasikan permintaan pasar terhadap usaha yang sedang dijalankan. Sehingga usaha yang dijalankan banyak diminati dan dapat meningkatkan penjualan dalam usaha.

Setelah mengetahui permintaan pasar terhadap usaha yang dimiliki. Dari beberapa permintaan pasar tersebut, belum tentu semua dapat direalisasikan. Karena permintaan pasar belum tentu juga sesuai dengan ketentuan dalam usaha yang dimilki. Jika permintaan pasar tersebut tidak mengubah ketentuan dalam usaha yang dimiliki. Maka permintaan pasar tersebut dapat menjadi masukan untuk meningkatkan penjualan dalam usaha.

Maka untuk mengatasi permintaan pasar, sebaiknya dapat memilah-milah mana permintaan yang dapat direalisasikan dan permintaan yang belum bisa direalisasikan.

Bagaimana Mengetahui Permintaan Pasar?

Semua usaha yang sedang dijalankan sebaiknya memiliki target pasar. Banyak juga yang melakukan usaha melalui media internet, belum menentukan target pasar. Kalau belum menentukan, segera tentukan dari sekarang. Hal tersebut agar memudahkan mengetahui permintaan pasar. Lalu bagaimana untuk mengetahui permintaan pasar terhadap usaha yang dimiliki?

Untuk mengetahui permintaan pasar, dapat dengan cara membuat kuisioner atau beberapa pertanyaan. Kuisioner yang sederhana bisa dibuat, contohnya:

1.     Berapa lama mengetahui produk dan sejak kapan?
2.     Darimana mengetahui produk?
3.     Apa saja manfaat produk?
4.     Apakah sudah merasakan atau menikmati manfaat produk?
5.     Saran dan komentar terhadap produk?

Kuisioner yang dibuat dapat dibagikan kepada konsumen, agar konsumen memberikan jawaban terhadap beberapa pertanyaan. Sehingga seberapa jauh produk yang dimiliki dalam usaha dikenal oleh konsumen, serta mengetahui permintaan konsumen atau pasar. Jika ada lagi yang ingin diketahui dari pasar yang dimiliki, pertanyaan dapat ditambahkan.

Ketahuilah Permintaan Pasar Dalam Usaha

Dalam menjalankan usaha, banyak melakukan penawaran produk yang dimiliki, agar terjadi penjualan. Dalam menjalankan usaha sebaiknya memiliki target pasar tertentu. Setelah memiliki target pasar, sebaiknya dapat mengetahui permintaan pasar terhadap produk yang ditawarkan, agar terjadi transaksi. Misalkan seperti rumput, yang ditawarkan kepada peternak yang membutuhkan. Beberapa peternak ada yang meminta rumput tersebut dikemas lalu peternak mau membeli. Bila terjadi hal seperti itu, agar produk yang ditawarkan dapat terjadi transaksi, maka rumput tersebut dikemas ke dalam karung atau diikat. Jadi menjual rumput tersebut sudah dalam jumlah ikatan atau karung.

Sedangkan menjalankan usaha melalui media internet, juga perlu mengetahui permintaan pasar. Misalkan saja suatu produk tertentu ditawarkan ke banyak orang. Beberapa orang akan memiliki permintaan pada yang memberikan penawaran. Permintaan tersebut seperti bila membeli produk dalam jumlah tertentu akan mendapatkan bonus. Meminta informasi penunjang untuk menjalankan usaha yang ditawarkan dengan cara mengajari pembeli, setelah melakukan transaksi. Bisa juga dengan cara menuliskan informasi penunjang tersebut di sebuah blog.

Maka dari itu dalam menjalankan usaha khususnya di media internet. Sebaiknya mengetahui permintaan pasar yang dimiliki, agar dapat menunjang dan meningkatkan terjadinya penjualan.

Rumput Juga Dijual, Bisa Laku!

Menjalankan usaha akan bertujuan agar terjadi penjualan. Memang dalam menjalankan usaha agar terjadi penjualan tidak semua orang dapat melakukan dengan mudah. Tetapi banyak juga orang melakukan usaha dengan mudah mendapatkan penjualan. Perumpamaannya adalah “Rumput juga, dijual bisa laku”. Perumpamaan tersebut menggambarkan bahwa di dalam usaha, khususnya melalui media internet banyak faktor yang menunjang agar terjadi penjualan. Beberapa faktor yang dapat menunjang agar terjadi penjualan :

1.  Semua tergantung yang menjalankan usaha.
 Jika ada niat dan usaha akan dapat menghasilkan.

2. Kemasan produk yang dijual, agar terjadi penjualan.
Seperti perumpamaan “Rumput juga, dijual bisa laku”. Bila melihat di lingkungan daerah yang banyak tumbuh rumput. Jika rumput dibiarkan saja, apakah memiliki nilai jual? Jawabnya tidak.
Mengapa demikian, karena tidak semua orang mengetahui, bagaimana rumput tersebut agar memiliki nilai jual. Jika rumput yang tumbuh tersebut dikemas ke dalam karung atau diikat dalam jumlah tertentu, akan dapat terjual bila ditawarkan pada pasar. Karena permintaan pasar adalah rumput yang dibeli, bisa langsung diberikan ke hewan ternak. Tanpa harus memotongi rumput yang tumbuh di suatu lingkungan.

3. Mengetahui pasar untuk menawarkan produk yang akan dijual.
Seperti rumput ditawarkan kepada peternak yang memelihara hewan pemakan rumput.

Untuk mendapatkan penjualan dalam usaha. Sebaiknya mengetahui, bagaimana agar produk yang akan ditawarkan dapat diminati oleh pasar, sehingga terjadi transaksi.